Instalasi Java dengan Visual Studio Code

baca 4 menit
Instalasi Java dengan Visual Studio Code

Salah satu hambatan ketika belajar bahasa baru adalah ketika memilih IDE atau code editor yang tepat.

Terlebih ketika berurusan dengan bahasa Java. Kita dihadapkan dengan banyak pilihan IDE alias Integrated Development Environment seperti Netbeans, IntelliJ, Eclipse, dan lain sebagainya.

Tapi masalahnya, dalam kasus tertentu, penggunaan IDE ini tak jarang membuat perangkat ngos-ngosan — ehem, spek kentang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya proses yang berjalan di latar belakang, bahkan walaupun proses tersebut tidak ada kaitannya dengan kode yang kita buat.

Alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan Code Editor. Jika dibandingkan dengan IDE, Code Editor ini cenderung lebih ramah. Ini karena tugas utamanya adalah untuk mengedit kode saja, bukan yang lain-lain.

Dari sekian banyak code editor, salah satu yang paling populer adalah VSCode. Tidak hanya Java, editor kode serba guna ini dapat digunakan untuk bahasa apapun, asalkan konfigurasinya benar.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara instalasi Visual Studio Code agar bisa digunakan untuk ngoding Java dengan ceria.

Sekilas Pandang

Sebelum mulai instal-instal pastikan perangkat yang dipakai terhubung ke internet. Karena nantinya kita akan menginstall beberapa software di bawah ini:

  • Java Development Kit (JDK)
  • Visual Studio Code — duh
  • Ekstensi VSCode untuk bahasa Java

Jika sudah terinstall semua, maka penampakan VSCode kurang lebih akan seperti ini:

Hasil Akhir VSCode + Java
Hasil Akhir VSCode + Java

Mari kita mulai dengan instalasi JDK terlebih dahulu.

1. Instalasi Java Development Kit

JDK merupakan software utama untuk membuat dan menjalankan kode Java. Pada JDK ini terdapat API, loader, compiler, runtime environment, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk instalasi JDK, silahkan sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian pakai.

Instalasi JDK pada Windows

Untuk Windows kita bisa menggunakan rilis JDK yang dibuat oleh Microsoft.

Proses instalasinya dapat dilakukan seperti biasa, cukup download file installer dan install sesuai petunjuk yang ada.

Untuk link downloadnya bisa di akses di laman Microsoft OpenJDK. Pastikan unduh file terbaru dengan format .msi. Jangan lupa sesuaikan dengan arsitektur komputer yang kalian pakai (32 atau 64 bit). Contohnya microsoft-jdk-17.0.4.1-windows-x64.msi

Pada saat artikel ini ditulis, rilis terbaru ada pada versi 17.0.4.1

Jika sudah terunduh, selanjutnya buka file tersebut dan lakukan instalasi seperti biasa. Di sini kita akan menggunakan konfigurasi default saja. Cukup klik next, next, next, sampai finish.

Jika sudah terinstall, untuk mengecek apakah instalasinya sudah benar silahkan buka terminal — bebas bisa CMD atau PowerShell — lalu tuliskan perintah berikut dan tekan enter:

shell
java --version

Jika keluar output seperti dibawah artinya instalasi JDK sudah berhasil.

openjdk 17.0.4.1 2022-08-12 LTS
OpenJDK Runtime Environment Microsoft-40354 (build 17.0.4.1+1-LTS)
OpenJDK 64-Bit Server VM Microsoft-40354 (build 17.0.4.1+1-LTS, mixed mode, sharing)

Jika bukan seperti itu, coba restart perangkat dan jalankan lagi perintahnya.

Lanjut langkah selanjutnya ke instalasi VSCode.

Instalasi JDK pada Linux

Kadang ada beberapa distro yang sudah terinstall JDK secara bawaan. Untuk mengecek apakah Java sudah terinstall silahkan jalankan perintah berikut:

shell
java --version

Jika muncul versi java dan keterangan lainnya, itu artinya Java sudah terinstall. Bisa langsung ke langkah selanjutnya.

Jika JDK belum terinstall maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu.

Karena kebanyakan distro sudah punya OpenJDK pada repositorinya, instalasi OpenJDK bisa dilakukan dengan mengeksekusi perintah di bawah ini pada terminal. Jangan lupa sesuaikan dengan distro masing-masing.

Debian, Ubuntu, Mint, dan turunannya:

shell
sudo apt updatesudo apt install default-jdk

Fedora:

shell
sudo dnf install java-11-openjdk

Arch dan turunannya (pacman):

shell
sudo pacman -S jdk-openjdk

Untuk distro lainnya bisa disesuaikan dengan repo masing-masing.

2. Instalasi Visual Studio Code

VSCode bisa diinstall menggunakan installer yang ada di laman download VSCode. Baik untuk Windows atau Linux kurang lebih sama. Pastikan format file yang di download sudah benar.

Jika sudah terdownload selanjutnya lakukan instalasi seperti biasa sampai VSCode bisa terbuka. Kira-kira seperti ini penampakan awalnya:

Tampilan Visual Studio Code
Tampilan Visual Studio Code

Sipp, kurang satu langkah lagi.

3. Instalasi Extension Pendukung Bahasa Java

Sampai di sini sebenarnya kita sudah bisa membuat kode Java dan menjalankannya. Tetapi masih cukup rumit karena harus berkutat dengan terminal.

Untuk mempermudah pekerjaan kita, VSCode punya extension yang bisa dipakai, tinggal download, tinggal install, selesai sudah. Extension ini bernama "Extension Pack for Java" yang berisi beberapa ekstensi untuk mempermudah pembuatan program Java.

Untuk memasang extension, silahkan klik tab extension pada sidebar sebelah kiri.

Selanjutnya ketikkan keyword "Java" pada search box yang ada. Jika sudah, maka kurang lebih akan muncul "Extension Pack for Java" pada hasil teratas. Silahkan klik install dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Extension Pack for Java pada VSCode
Extension Pack for Java pada VSCode

Jika sudah, selanjutnya kita akan coba menginisialisasi proyek Java dengan VSCode.

4. Membuat Proyek Java Sederhana

Untuk membuat proyek Java, silahkan buka command palette dengan menekan kombinasi tombol ctrl+shift+p. Nantinya akan muncul command palette di bagian atas.

Kalau sudah, selanjutnya ketikkan Java: Create Java Project lalu tekan enter. Atau bisa juga dengan mengklik hasil yang muncul.

Command palette VSCode
Command palette VSCode

Nah, di sini kita bisa memilih tipe proyek yang akan kita buat. Karena itungannya masih coba-coba, kita akan pilih "No build tools" untuk membuat proyek seminimal mungkin.

Pilihan tipe proyek yang bisa dibuat
Pilihan tipe proyek yang bisa dibuat

Jika sudah dipilih, selanjutnya akan muncul pop up untuk memilih folder. Silahkan pilih folder sesuai kebutuhan.

Setelah memilih folder nanti akan muncul text field untuk memasukkan nama proyek. Masukkan nama sesuai keinginan lalu tekan enter. Pada kesempatan kali ini contoh nama yang digunakan adalah "demo".

Jika semua benar, maka VSCode akan memproses proyek yang kita buat dan langsung membuka folder terkait secara otomatis. Kurang lebih tampilannya seperti ini:

Struktur awal folder proyek Java pada VSCode
Struktur awal folder proyek Java pada VSCode

Semua kode yang kita tulis nantinya akan kita letakkan pada folder src. Di sini sudah disediakan file App.java yang berisi kode "Hello World" sederhana.

Kita bisa mengeksekusi kode ini dengan mengklik tombol run yang ada di pojok kanan atas. Atau bisa juga dengan mengklik tulisan "Run" yang ada tepat di atas deklarasi fungsi.

Ketika program dijalankan, nantinya akan muncul terminal di bagian bawah yang berisi output dari program kita, "Hello World".

Yayy... sampai di sini instalasi Java dengan VSCode sudah selesai. Lanjut saatnya koding ceria dengan bahasa Java.

Happy Coding 👋